Home

August 18, 2020

Handphone di meja samping kasur bergetar, mengeluarkan suara nyaring yang memekakkan telinga. Suara alarm yang mengingatkan seseorang bahwa hari itu sudah jam 5 pagi, sudah waktunya siap- siap untuk ngantor. Keseharian yang hampir setiap hari dilakukan Somad itu pasti sudah tidak asing bagi warga komuter yang kesehariannya bekerja di daerah Jakarta; Orang Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, bahkan sampai Karawang. Bekerja jauh- jauh demi mendapatkan uang untuk bertahan hidup. Para pejuang gaji itu kalau dilihat- lihat kasihan juga. Keluar dari rumah saat matahari belum muncul, pulang ke rumah pun saat matahari sudah tenggelam. Kenapa mereka tidak membeli atau menyewa saja rumah yang dekat dengan kantor mereka? Alasan mereka kebanyakan hanya satu: harga yang fantastis. Memang harga tanah dan apartemen semakin hari semakin mahal, entah kenapa tidak pernah turun.

Harga rumah yang di Jakarta sudah mulai di tahap di mana kaum menengah tidak mampu membelinya. Paling pilihan mereka jika memang benar- benar ingin tinggal di Jakarta ya menyewa apartemen, yang studio lagi. Seandainya harga rumah dan apartemen di Jakarta tidak mahal- mahal banget, sepertinya banyak orang baru dapat kerja langsung ke bank terus mengajukan cicilan KPR. Karena kebanyakan orang yang bekerja di Jakarta sepertinya berasal dari luar Jakarta, pasti yang pertama kali mereka cari yaitu tempat untuk istirahat. Karena sekarang harga rumah di Jakarta sudah tidak masuk akal lagi, para pendatang tersebut akhirnya mencari alternatif lain untuk mendapatkan tempat untuk istirahat yang jauh lebih murah: indekos. Karena itu di Jakarta banyak sekali indekos khusus karyawan bermunculan, dengan berbagai rentang harga dan fasilitas yang setara hotel berbintang. Sepertinya hal ini hanya ada di Indonesia, bangunan yang ijin berdirinya sebagai rumah, tapi setiap kamar disewakan seperti apartemen. Yah begitulah Indonesia. Saya juga susah jika menerjemahkan indekos ke teman- teman bule saya. Apakah itu studio apartment? Entahlah, jika ada teman bule mu yang tanya indekos itu apa, coba bawa saja dia ke lokasinya langsung.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2021

2021

Sudah beberapa hari sejak tahun 2021 dan aku masih belum nulis apa- apa di tahun ini. Jadi ini tulisan pertamaku di tahun 2021, yay~ Happy New Year~ Sudah...